Layanan Akupresur dan Pijat Bayi Kini Tersedia di Puskesmas Tiban Baru

Batam Pos – Kini puskesmas sudah banyak yang keren. Layanannya tidak cuma itu-itu saja, melainkan ada beberapa yang memberikan layanan lain yang istimewa dan bahkan menjadi unggulan.

Seperti halnya di Puskesmas Tiban Baru. Kini tersedia layanan akupresur. Ini merupakan teknik pengobatan tradisional dari Tiongkok yang dilakukan dengan cara memberikan tekanan di bagian tubuh tertentu menggunakan siku, tangan, atau alat bantu khusus namun tidak menggunakan jarum.

“Ini layanan baru kita di Puskesmas Tiban Baru dan bahkan baru satu-satunya puskesmas di Batam,” ujar Kepala Puskesmas Tiban Baru, dr. Hilda Insyafri, Rabu (10/7) siang.

Ia menerangkan, layanan akupresur ini dibuka setiap hari Senin sampai dengan Sabtu mulai pukul 08.00WIB sampai 11.00WIB. Adapun tarif pelayanan akupresur di Puskesmas Tiban Baru ini mengacu pada Peraturan Walikota Nomor 70 Tahun 2024.

“Untuk tarif Rp 50 ribu sesuai Perwako Batam,” ucap Hilda.

Ia menambahkan, ada banyak manfaat akupresur ini diantaranya mengatasi keluhan penyakit ringan, memulihkan kondisi tubuh, meredakan stres dan rasa cemas memperbaiki kualitas tidur dan banyak manfaat yang didapat lainnya.

“Pendaftaran juga bisa secara online sehingga memudahkan masyarakat yang ingin menikmati layanan ini,” tuturnya.

Selain akupresur, Puskesmas Tiban Baru juga memiliki layanan baru lainnya yakni pijat bayi (baby massage). Layanan ini juga dibuka Senin hingga Sabtu pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB dengan kuota hanya untuk lima orang bayi setiap harinya.

“Tarifnya sama sesuai Perwako Batam Rp 50 ribu,” bebernya.

Ada banyak manfaat dari pijat bayi ini diantaranya, membuat bayi merasa lebih tenang dan nyaman, melancarkan pencernaan bayi, meningkatkan daya tahan bayi atau imunitas bayi, membuat tidur bayi lebih enak serta banyak lainnya.

“Tak ketinggalan kita juga punya layanan homecare yaitu perawan lansia, perawatan luka, dan perawatan penyakit yang tidak menular. Tarifnya juga sama sesuai Perwako, ” tuturnya.

Hadirnya sejumlah layanan di puskesmas Tiban Baru ini dirasakan manfaat oleh masyarakat. Terlebih lagi tarif layanan ini dianggap sangat terjangkau dan ramah di kantong. Seperti yang disampaikan Anisa warga Tiban Kampung. Ia mengaku layanan akupresur cukup banyak diminati karena terjangkau.

“Jadi puskesmas layanannya gak monoton lagi. Sebab sudah banyak pilihannya sekarang. Mau akupresur atau pijat bayi, saat ini kita sudah bisa datang ke puskesmas,” ungkap Anisa. (*disadur dari postingan batampos.co.id)

Akupressure oleh Asisten Apoteker Puskesmas Tiban Baru (Butet Agustina Lingga, AMF)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *