Pemeriksaan Kesehatan Berkala di SMP 20

Pada hari Senin tanggal 22 januari 2024 Puskesmas Tiban Baru melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan berkala pada anak usia sekolah dan remaja di SMP Negeri 20.
Pemeriksaan kesehatan anak usia sekolah dan remaja merupakan kegiatan pemeriksaan kesehatan yang bertujuan untuk mengetahui status kesehatan peserta didik. Kegiatan ini merupakan program rutin puskesmas dalam pelayanan kesehatan anak usia sekolah di wilayah kerja Puskesmas Tiban Baru yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali saat tahun ajaran baru.
Pemeriksaan kesehatan anak sekolah meliputi Pemeriksaan Tanda Vital, Pemeriksaan Kesehatan Indera dan Pemeriksaan kesehatan Gigi dan mulut. Kegiatan ini juga dilaksanakan terintegrasi dengan program upaya berhenti merokok yaitu meliputi skrining perilaku merokok pada anak usia 10-18 tahun dan program jiwa yang meliputi skrining kesehatan jiwa melalu metode kuesioner instrumen SDQ. Kegiatan pemeriksaan kesehatan menjadi sangat penting dilakukan karena dapat menumbuhkan kesadaran peserta didik sejak dini untuk hidup bersih dan sehat yang dapat dimulai dari lingkungan sekolah dan dapat diterapkan dimanapun mereka berada.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *