Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di wilayah kerja Puskesmas Tiban Baru

Dalam rangka mendorong upaya percepatan penurunan stunting, dan sejalan dengan arahan pemerintah Kota Batam, Puskesmas Tiban Baru sudah mulai menjalankan Kegiatan Intervensi Serentak di bulan Juni 2024. Kegiatan Intervensi serentak di Puskesmas Tiban Baru sudah dimulai sejak tanggal 3 Juni 2024. Dan, sampai dengan tanggal 11 Juni 2024, sudah ada 12 dari 23 posyandu yang menjalankan kegiatan intervensi serentak pencegahan stunting ini di posyandu.

Sasaran dalam kegiatan ini yaitu seluruh ibu hamil, anak usia bawah lima tahun (Balita) dan Calon Pengantin.

Kegiatan penimbangan dan pengukuran sudah menggunakan alat antropometri yang terstandar dan dilakukan oleh kader kesehatan yang terlatih.

Setelah dilakukan penimbangan dan pengukuran, sasaran yang beresiko stunting diberikan edukasi pencegahan stunting lalu kemudian diberikan intervensi terhadap masalah gizi yang dihadapi. Kegiatan ini dilakukan berkoordinasi dengan lintas sektor baik dengan RT/RW/Kelurahan/ Kecamatan.

Di posyandu juga sudah menerapkan pemberian PMT Penyuluhan Berbasis bahan pangan lokal. Pelaksanaan intervensi stunting dalam upaya percepatan penurunan stunting ini akan dilaksanakan selama bulan Juni 2024.

Kepala Puskesmas Tiban Baru, dr. Hilda Insyafri

Lurah Tiban Baru, Dikurnia Putra, S.E

Pelaksanaan Intervensi Serentak di Posyandu Bougenville 8 Perumahan Tiban Raya Kelurahan Tiban Baru bersama Lurah dan Ketua TP PKK Kelurahan Tiban Baru
Pelaksanaan Intervensi Serentak di Posyandu Tulip 2 RW 12 Kelurahan Tiban Lama bersama
Kepala Puskesmas Tiban Baru (dr. Hilda Insyafri)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *