Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Tiban Ayu

Puskesmas Tibanbaru — GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Kampung Germas sendiri merupakan implementasi dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau atau GERMAS dalam kehidupan sehari-hari. Kampung Germas mengikutsertakan peran dari masyarakat sebagai aktor dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai fasilitator. Tujuan dari Kampung Germas adalah menciptakan wilayah yang dapat secara mandiri mengimplementasikan penerapan kegiatan Germas sehingga mampu menciptakan kehidupan yang sehat bagi masyarakatnya.
Perumahan Tiban Ayu dicanangkan sebagai kampung germas sejak bulan Desember tahun 2022, Perumahan Tiban Ayu sendiri dalam perihal kesehatan sudah cukup baik dengan adanya Posyandu dan Posbindu, kemudian adanya Tanaman Obat Keluarga yang mendukung 10 indikator perilaku hidup bersih dan sehat Namun dari hasil monitoring dan evaluasi semester 1 terhadap 10 Indikator tadi, masih ada beberapa indikator yang belum terpenuhi salah satunya adalah tidak merokok. Untuk mengoptimalkan dan meningkatkan agar mampu memenuhi 10 Indikator PHBSs perlu adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya perintisan Kampung Germas ini. Maka dari itu pada tanggal 13 Agustus 2023, Puskesmas Tiban Baru mengadakan penyuluhan upaya berhenti merokok dan skrining merokok menggunakan alat co analyzer. Kegiatan ini juga diawali dengan senam bersama dan pemeriksaan resiko penyakit tidak menular.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *