Posyandu Terintegrasi Layanan Primer (ILP) di Posyandu Tulip 6 Mekarsari Tiban Lama

Posyandu Tulip 6 di RW 005 Kelurahan Tiban Lama , Kecamatan Sekupang menerapkan program Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) pada Sabtu, 6 Januari 2024.

Penerapan Posyandu ILP di Tulip VI RW 005 Kelurahan Tiban Lama, Kecamatan Sekupang merupakan yang pertama di Kota Batam. Kepala Puskesmas Tiban Baru, dr. Hilda mengatakan, kader Posyandu Tulip VI dinilai sudah mampu untuk penerapan Posyandu ILP. “Tulip VI merupakan yang pertama di Kota Batam dalam menerapkan Posyandu ILP,” ujar Hilda saat memantau pelaksanaan Posyandu ILP di Tulip VI.

Hilda menjelaskan, posyandu telah bertransformasi menjadi Posyandu ILP. Artinya posyandu yang dahulu hanya melayani balita dan ibu hamil saja, sekarang posyandu juga melayani satu siklus kehidupan, dari usia 0 tahun hingga lansia. Posyandu ILP bertujuan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. Harapannya, masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan dapat dengan mudah menuju ke lokasi. 

“Bukan hanya yang ‘diantar saja’ (balita atau ibu hamil) yang diperiksa namun juga yang mengantarkan. Dengan demikian akan mempermudah pengambilan kebijakan agar kualitas bidang kesehatan menjadi lebih baik lagi,” katanya. Menurut dia, dengan adanya Posyandu ILP ini nantinya juga dapat menurunkan angka stunting di Kota Batam, khususnya di wilayah Kelurahan Tiban Lama, Kecamatan Sekupang. Jangan sampai generasi penerus berkualitas rendah. Untuk itu mari cetak SDM penerus yang unggul, kuat dan sehat.

Lurah Tiban Lama, Helmy sangat mendukung dengan penerapan Posyandu ILP di Tulip VI RW 005. Helmy menyampaikan, kesehatan merupakan aset dan modal utama dalam hidup. “Agar program ini bisa berjalan kami harap peran serta dari berbagai unsur masyarakat demi terciptanya masyarakat Tiban Lama yang semakin sehat dan sejahtera,” katanya.

Sementara itu, Ayu Marzaneta selaku Ketua Posyandu Tulip VI mengaku bangga dengan ditunjuknya Tulip VI dalam penerapan Posyandu ILP. Pihaknya akan terus belajar dan melakukan pembenahan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Dalam waktu dekat kami (kader Posyandu Tulip VI) akan door to door ke rumah warga untuk melakukan pendataan. Kami mohon kerjasama warga untuk lebih open (terbuka) saat kader melakukan pendataan agar target program Posyandu ILP bisa terwujud,” harapnya.***

Sumber : https://www.mediakepri.co/regional/10311428742/tulip-vi-rw-005-kelurahantiban-lama-terapkan-posyandu-ilp-pertama-di-kota-batam?page=2

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *